Teka teki Detektif (32)


Hari ini ada sebuah teka teki spesial! Apa yang membuat teka teki ini spesial? Karena teka teki ini dikirim langsung oleh salah seorang pengunjung blog Black or White. Blogger sedikit melakukan perubahan juga penambahan dalam teka teki ini, namun nama tokoh dan cerita tidak blogger ubah.. Ini dia teka tekinya :

Seorang jutawan yang tinggal sendiri Albert Matthew Swinger kehilangan sebuah Diamond(Berlian) yang bernilai milyaran dolar. Kejadiannya kemarin, menjelang sekitar siang hari . Setelah diminta keterangan mengenai hal tersebut jutawan itu berkata: “ saya selalu menaruh Diamond(Berlian)  itu di ruang baca. Di pesta malam kemarin dulu, karena mabuk , saya memberitahukan hal ini kepada beberapa orang”. Polisi kemudian menyelidiki orang-orang tersebut, dan ternyata mereka memiliki alibi dan juga motif.

  • Orang I = Adik kandungnya Swissong Ignatius Swinger, sama-sama hidup di lingkungan orang kaya
    Motifnya : Orang tuanya mewariskan harta kekayaan yang lebih besar kepada dia daripada adiknya, sehingga ada rasa dendam kepada kakaknya.
    Alibi :  “Saya tidak mencuri berlian itu, kemarin seharian saya mengurus taman belakang rumah saya. Dengan siapa?  Tentunya sendirian! Saya tidak seperti orang-orang rumah yang taat itu, ya saya akui saya seorang pembangkang!”
  • Orang II = Teman pada masa kecilnya Andreus Kitano, sekarang hanya sebagai penjual gorengan di jalan
    Motifnya: Kondisi ekonomi keluarganya yang lemah, sehingga sering ga ada uang, jatuh miskin.
    Alibi : “Untuk apa saya mencuri, saya merasa lebih baik dalam keadaan sekarang meski sedikit menyakitkan. Oh, Kemarin? Saya seperti biasa berjualan mengelilingi jalan, hasilnya cukup lumayan. Hari-hari seperti itu memang laris-larisnya.”
  • Orang III = Partner kerjanya Stenlin Molic, Jutawan yang mempunyai banyak perusahaan di Asia dan Eropa
    Motifnya: suka mengoleksi berbagai jenis permata dari manca negara.
    Alibi : “Oh, jangan mengada-ada saya tak mungkin melakukan hal sekotor itu! Ya, memang saya seorang kolektor, tapi kalau mencuri, saya tidak sudi. Lebih baik saya tawar dengan harga tinggi daripada harus mencuri. Kemarin saya memeriksa laporan dari perusahaan-perusahaan saya di ruang kerja saya, kalau tidak salah sampai jam 2 siang. Ya, saya yakin karena saya berhenti karena merasa lapar.”
  • Orang IV = Karyawati perusahaannya Nety Winslet, menjabat sebagai manager perusahaan milik Albert tersebut
    Motifnya: Nety mempunyai kebiasaan mencuri barang orang lain, sudah menjadi kebiasaannya.
    Alibi : “Anda tidak bisa menuduh saya begitu saja! Saya seorang kleptomania, tapi itu dulu, dulu tuan! Sebelum saya mengikuti terapi, sekarang saya sudah sembuh. Jika anda tidak percaya silahkan tanya ke terapis saya. Kemarin saya mengambil paket yang dikirimkan oleh klien di kantor pos, lihat ini paketnya (menunjukkan 2 kotak kardus lengkap dengan perangko).”
  • Orang V = Tamu undangannya Kelly Armenia, bergerak di bidang usaha yang sama
    Motifnya: ingin memonopoli usahanya, sehingga kurang suka ama Albert.
    Alibi : “Sejujurnya saya benci orang itu, namun masih dalam batas wajar, sebagai seorang rival di bidang usaha. Tidak, hal itu tidak membuat saya mencurinya. Karena saya benar-benar tidak berniat mencurinya! Tapi saya senang melihatnya kelabakan karena kehilangan berlian kesayangannya itu, sungguh lucu. Maaf jika saya terlalu banyak bicara tuan, sudah kebiasaan. Kemarin saya mengadakan meeting dengan klien saya, namun klien saya membatalkan dengan tiba-tiba karena urusan mendadak, setelah itu saya pergi ke sebuah mall, sangat mengesalkan karena ternyata disana penuh sesak oleh pengunjung!”

Seusai mengadakan penyelidikian ke 5 orang tersangka itu polisi kemudian menyelidiki tentang dokumen kepemilikan berlian Albert Swinger. Ternyata Albert telah mengasuransikan berlian itu, dengan nilai asuransi sebesar 100.000 US$. Dengan ini tersangka bertambah satu, namun Albert memiliki saksi yang kuat akan alibinya, dan saksi itu adalah istri adiknya sendiri, Istri dari Swissong Ignatius Swinger yang mengaku Albert berada di tempat yang sama dengannya hari itu.

Fakta yang telah didapatkan tidak membuat polisi puas, maka di tempat kejadian dilakukan penyelidikan ulang. Sekali lagi, polisi tidak mendapatkan sesuatu yang berarti. Ruangan tempat berlian itu sangat rapi, tidak ada tanda-tanda yang mengindikasikan telah terjadi pembobolan secara paksa. Secara jelas kondisi tempatnya adalah sebagai berikut, ruang baca itu tidak terlalu besar, hanya terdapat satu lemari buku besar di samping kanan pintu masuk, di tengah ruangan terdapat sebuah meja sedang dengan 1 kursi di tiap sisi kanan kirinya, tempat berlian itu disimpan adalah di dalam lemari kecil yang berada di pojok ruangan. Di atas meja terdapat beberapa buah buku yang diletakan sembarang, sebuah koran pagi, dan beberapa pucuk surat.

Dengan tidak mendapat bukti-bukti baru polisi harus memikirkan kembali bukti yang diperoleh seadanya itu. Tak butuh waktu yang lama, polisi kemudian menyadari kesalahan fatal mereka, ya kesalahan fatal karena tidak memperhatikan satu faktor penting tersebut. Dan akhirnya, dengan bukti seadaanya ditambah pemikiran (imajinasi) cerdas, polisi berhasil meringkuk pelaku pencuri berlian itu.

Bisakah kalian menyusun analisis yang menuntun kalian kepada si pelaku pencuri berdasarkan bukti-bukti di atas?

Clue : Blogger rasa tidak perlu ada clue, karena seluruh rangkaian cerita ini mengandung petunjuk tersembunyi. Jadi, cermatlah dalam membaca, good luck!

credit given to Wijaya Coolcools/Reynaldo (wijayacoolcools@yahoo.com)

40 comments on “Teka teki Detektif (32)

  1. pelakunya nety winslet…
    paket biasanya dikirim ke alamat tujuan…
    apalagi ada perangko masa ambil sendiri di kantor pos…

    Like

    • penjelasannya tidak semudah itu,,
      kadang memang ada paket yang harus diambil langsung, kalo perangko mah biasa.. kan itu dikirimin, jadi harus ada perangko..
      kan bukan tiki ato fedex

      Like

  2. ga salah tuh kak manggilnya reynaldo-san…
    -san itu kan bwt tmn cwe yg sdh akrab ato bwt org yg lbh tua…
    reynaldo kan blg klo msh kls 2smp…
    mestinya kk panggilnya reynaldo-kun…

    Like

  3. setelah saya baca ulang ternyata ada kata “blogger sedikit melakukan perubahan”
    SEDIKIT <—— ga salah liat ni kata banyak gitu masa dibilang sedikit ==a

    Like

  4. klo kata mas irfan “gak semudah itu” saya jadi ragu klo pelakunya cuma satu..
    mungkin gini
    1. si pemilik berlian albert sendiri menginginkan uang asuransi berlian itu, tp dia tidak mau melakukan konspirasi dg sandiwara berlian yg hilang sehingga uang asuransi turun, jadi dia sengaja memberi tahu tempat ia menyimpan berlian itu agar ada yg mencurinya.
    2. setelah mendengar kata” om albert, si kelly mencurinya.. saya menduga kelly pencurinya karena dia mengatakan “Karena saya benar-benar tidak berniat mencurinya!”.. niat si kelly hanya ingin membuat kelabakan si albert, karena memang si kelly benci albert..

    maaf klo salah mas..

    Like

    • Hmmm, maaf tapi masih belum tepat..
      itu hanya analisis dari segi motif.. Sedang yang memiliki motif kan banyak.. Nah, buktikanlah selain dari segi tsb.. Ada satu hal yang sangat memberatkan pelaku lho..

      Like

  5. pelakunya si albert sendiri…
    karena tidak ada pembobolan secara paksa kliatannya dilakukan org dalam…
    si albert bekerjasama dengan istri swissong ignatius swinger untuk membuat alibi…
    segitu aja analisisku btl ato ga gtw deh…
    -_-

    Like

  6. sebenarnya gw juga ga tau jawabanya
    tapi menurut gw ya orang itu tapi ga yakin makanya saya kirim
    minta dipecahkan😄

    Like

  7. sadar sih sadar…
    aq kan jg dah pernah tanya kemaren dulu itu kpn…
    irfan sensei jwb pokoknya bkn 1 hr kemaren…
    padahal bkn 1 hr kemaren kan bs aja seminggu yg lalu ato sebulan yg lalu…

    Like

  8. klo gini boleh ndak ya mas..
    si albert bekerjasama dg istri adiknya..
    trus si istri adiknya itu bersaksi bahwa dia bersama albert trus di hari itu.. kemungkinan mereka bersama di ruangan baca itu, karena ada bukti bahwa di atas meja ada koran pagi dan beberapa pucuk surat.. itu adalah kebiasaan orang luar negeri mengambil koran dan surat didepan saat pagi..

    maaf newbie selalu mencoba.. walau salah pun tak apa

    Like

  9. Saatnya membuka kebenaran..
    Poin utama dari teka teki ini adalah soal waktu. Kita harus mengetahui kapan tepatnya permata itu hilang, di cerita dikatakan ‘kemarin’, namun tidak jelas hari apa. Ada 3 pernyataan yang dapat menunjukan hari kejadian :
    Pertama, perhatikan penjelasan dari adik Albert, dia menyatakan bahwa orang” di rumahnya (dalam hal ini istrinya) pergi pada hari kejadian (dia sendirian di rumah).
    Kedua, pernyataan dari Andreus, dia menyatakan bahwa hari itu dia berjualan dan dagangannya laris.
    Ketiga, pernyataan dari Kelli, dia menyatakan bahwa setelah kliennya membatalkan meeting, dia pergi ke mall, dan disana penuh oleh pengunjung.
    Dari ketiga hal tersebut belum jelas untuk menentukan harinya, nah pernyataan istri Swissong yang menguatkan alibi Albert-lah yang menjelaskan semuanya.
    Dia menyatakan bahwa Albert berada di tempat yang sama dengannya pada waktu kejadian, namun dimana?
    Untuk menjawab pertanyaan ini, kita mengacu pada pernyataan Swissong sebelumnya “Saya tidak mencuri berlian itu, kemarin seharian saya mengurus taman belakang rumah saya. Dengan siapa? Tentunya sendirian! Saya tidak seperti orang-orang rumah yang taat itu, ya saya akui saya seorang pembangkang!”
    Garis bawahi pernyataan ini : Saya tidak seperti orang-orang rumah yang taat itu, ya saya akui saya seorang pembangkang!
    Apa maksudnya ‘taat’ dan ‘pembangkang’?
    Lihat nama korban dan adiknya Albert Matthew Swinger dan Swissong Ignatius Swinger.
    Nama tengah mereka adalah nama Baptis. Jadi maksud dari perkataannya itu adalah, bahwa dia orang yang tidak taat agama, tidak seperti orang lain di rumahnya (istrinya).
    Dari sana kita tahu bahwa di hari kejadian Istri dari Swissong pergi ke gereja tempat Albert beribadat juga (ingat dia juga memiliki nama Baptis juga Swissong tinggal di komplek yang sama dengannya). Dan kesimpulan yang didapat adalah, bahwa hari pencurian itu adalah hari MINGGU.
    Ini membuktikan pernyataan Andreus dan Kelli, karena hari minggu adalah akhir pekan yang tak aneh jika saat itu banyak orang yang membeli dagangan Andreus dan banyak pegunjung di Mall yang dikunjungi Kelli.
    Terakhir yang menunjukkan si pelaku adalah kesalahan pada alibinya, Alibi Stenlin memang patut dicurigai namun tidak ada indikasi yang menunjukan dia berbohong (fakta harus kita sesuaikan dengan cerita jadi spekulasi” di luar fakta dapat kita kesampingkan), disini kita anggap Stenlin bersih. Terakhir adalah Nety, dia mengatakan bahwa di hari kejadian dia pergi ke kantor pos untuk mengambil paket dari klien. Memang biasanya paket itu dikirim ke rumah, tapi dlm suatu kondisi tertentu penerima yang mengambil langsung ke kantor pos. Nety langsung menunjukan dua kotak kardus paket tersebut kepada polisi (berperangko lengkap), mungkin tujuannya sebagai ‘serangan’ langsung yang menunjukan bahwa alibi itu benar, orang biasanya langsung percaya jika bukti langsung disodorkan ke depan mata. Namun kesalahan fatalnya ialah, bahwa KANTOR POS LIBUR PADA HARI MINGGU. Ya, itulah kesalahan fatalnya. Dia mengambil paket itu bisa 1 atau 2 hari sebelumnya, dan menggunakannya sebagai bukti alibinya tanpa memikirkan satu faktor tadi KANTOR POS LIBUR PADA HARI MINGGU.
    Dari sisi psikologis juga dialah yang berpeluang besar, karena dia adalah seorang kleptomania. Dia memang bersaksi sudah mengikuti terapis dan menyatakan diri sembuh, namun terapis tidak sepenuhnya menyembuhkan, kebanyakan hanya menahan rasa untuk melakukan hal itu. Dan ketika Albert mengumumkan soal berlian itu saat dia mabuk menjadi dorongan yang kuat bagi nety untuk kembali melakukan pencurian sebagai kleptomania.
    Satu lagi, dari yang blogger ketahui seorang kleptomania biasanya sangat teliti dalam mencuri (menciptakan triknya sendiri), itulah mengapa tempat kjadian sangat rapih seakan tidak ada pembobolan paksa.

    Like

  10. sedikit permintaan kepada Leo, Rey, sama mas Afif.. coba buka teka teki detektif 4, saya rasa ada yang janggal disana. minta pendapatnya mengenai kasus juga penjelasan dari saya berupa komentar disana.

    Like

  11. hahaha…
    ternyata betul jawaban pertamaku nety winslet…
    cuma cara pembuktiannya aja yg salah…
    -_-
    aq buka dulu ya teka teki detektif 4…

    Like

  12. salam kenal saya pengunjung baru disini,
    Dan saya penggemar berat detektif conan,
    Lo menurut saya pelakunya no iv, karena alibinya janggal, kenapa saya bilang janggal karena dia bilang waktu kejadian dia mengambil paket dari kantor pos,
    Padahal hari itu hari minggu.
    Kenapa saya bilang hari mingu karena,
    Dari alibi orang pertama, dia bilang tidak seperti orang lain yg taat ,
    Maksut taat diatas pasti lah sembayang bukan?
    Berubung kejadianya di erofa pasti orang itu beragama kristen bukan?,
    Dan kita sama tau hari minggu adalah waktu sembayang umat kristen,
    Dan juga dari alibi orang yg bilang jualan itu, bisa diketaui,
    Dia bilang waktu kejadian daganganya laris, tentu saja waktu laris itu pasti hari minggu….
    Jadi lengkap sudah buktinya, pelakunya adalah ???
    Orang no iv yang mengaku mengambil paket di kantor pos itu…….

    Like

Your Opinion

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s