Teka teki Detektif (36)


Teka teki kiriman lagi!
Sebenarnya ini udah lama sih dikirimnya, namun sekarang baru bisa dipost.. -_-v
Teki teki ini dikirim Leo/afterlife, namun yang blogger post disini adalah versi ‘modifikasi’ dari teka teki yang dikirimkan. Tujuannya ya supaya lebih rumit dan menantang..😀
Ini dia teka tekinya..

Seorang milionaire  asal Norwegia, Danis McHurrey, mengadakan sebuah pesta di taman pribadi kesayangannya yang baru. Taman itu dinamakannya ‘taman puzzle’, nama tersebut dikarenakan ia sangat menyukai teka teki. Tak hanya itu, di tamannya tersebut bahkan terdapat sebuah labirin besar yang luas. Itulah ‘icon’ yang menunjukkan bahwa taman tersebut memang ‘taman puzzle’.

Dalam pesta tersebut Danis mengundang kolega-koleganya. Namun hanya satu orang yang menarik dari semua orang yang diundangnya, dia adalah Detektif Joe. Ya, seorang detektif yang sedang naik daun karirnya. Ia diundang khusus dengan sebuah tantangan, mencari jalan keluar di labirin taman puzzle. Bukan hanya Detektif Joe, koleganya yang lain juga diajaknya untuk memasuki labirin itu.

Ada 3 orang selain Detektif Joe yang sengaja ditarik sebagai peserta dalam tantangan tersebut, mereka adalah Vann Bordie McHurrey, Michaelo Marhanton dan Nina Claire.

Vann Bordie McHurrey, adik dari Danis McHurrey adalah seorang mantan arsitek andalan di perusahaan milik Michaelo Marhanton. Sama seperti kakaknya, Vann juga memiliki ketertarikan yang sama terhadap teka teki. Sepertinya hal tersebut telah turun temurun di keluarga mereka. Vann Bordie McHurrey berumur 35 tahunan, perawakannya tegap berisi, tak heran dia dulu adalah seorang atlet panahan. Ia memakai kacamata retro hitam cekung yang cocok dengan setelan jas abu-abunya.

Michaelo Marhanton, seorang pengusaha jasa arsitektur. Perusahaannya yang melejit oleh karya jenius Vann Bordie McHurrey itu bergantung di bidang arsitektur, dia mencari proyek pembangunan dan merencanakan seluruh rancangan pembangunan tersebut mulai dari bahan bangunan dan lain lain. Michaelo seumuran dengan Danis McHurrey, tak hanya itu, setelan yang dipakainya mirip dengan yang dipakai tuan rumah. Setelan Jas berwarna biru tua yang mewah, namun bedanya Danis memakai dasi berwarna merah sedangkan Michaelo berdasi silver. Orang yang melihat mereka dari belakang pasti akan kebingungan membedakan kedua orang ini.

Nina Claire, Sekretaris pribadi Danis McHurrey. Bisa dibilang Nina adalah seorang sekretaris yang bisa diandalkan kapan saja, segala tugas yang diberikan oleh tuannya akan langsung ia kerjakan. Umurnya masih muda, sekitar 25 tahun. Perawakannya sedang dan ideal, cocok dengan wajahnya yang cantik dan anggun.

Tantangan Labirin Taman Puzzle dimulai. Peraturannya, setiap orang mengganti sepatu mereka dengan alas kaki khusus yang disediakan oleh tuan rumah. Alas kaki ini didesain untuk menimbulkan jejak yang sama dan  sengaja dipakaikan agar peserta tidak bisa membuntuti jejak sepatu peserta lain. Batas waktu yang disediakan adalah 45 menit. Danis akan berada di suatu tempat di labirin itu sebagai penunjuk jalan, siapapun yang menemuinya akan dia beri petunjuk untuk bisa keluar dari labirin itu.

Detektif Joe merasa tidak tertarik dengan permainan yang dianggapnya sedikit kekanak-kanakan itu. Namun demi menghormati tuan rumah yang telah mengundangnya ia pun rela berpartisipasi.

Butuh tak lebih dari 30 menit, Detektif Joe telah berhasil mencapai jalan keluar dari labirin itu. Pada saat itu terdengar jeritan seorang wanita dari dalam labirin. Dengan insting dan indera pendengarannya yang tajam detektif joe langsung berlari ke arah suara jeritan tersebut. Suara itu berasal dari Nina Claire, yang berlutut di tanah sambil menunjuk sesuatu. Seonggok tubuh tak bernyawa terbaring di situ, tubuh dari sang tuan rumah, Danis McHurrey.

Korban terbaring telentang dengan kedua tangan di atas dadanya. Penyebab kematiannya adalah kehabisan darah, jantungnya ditusuk oleh sebuah paku besar yang panjang. Paku itu masih tertancap di dada korban dengan posisi yang sedikit miring ke kanan. Di punggung tangan kanan korban terdapat sedikit bercak darah. Di samping dan sekeliling korban terdapat banyak jejak kaki, namun karena di awal semua peserta memakai alas kaki dengan jejak yang sama, akan sulit membedakan itu jejak kaki siapa. Di antara jejak kaki tersebut Detektif Joe menemukan sebuah tulisan di tanah yang diduga ditulis oleh korban, karena di telunjuk kanan korban terdapat bekas tanah yang masih baru. Tulisan tersebut berisi “engkau dapat bercermin padanya. begitu bening dan tenang”

Detektif Joe bertanya kepada Nina tentang hal aneh ketika dia menemukan korban dan bagaimana dia bisa menemukannya. Nina menjawab bahwa tidak ada hal aneh apa pun ketika dia menemukan korban, dan dia menemukan korban secara tidak sengaja.

Orang yang berada dalam labirin tersebut hanya 3 orang selain korban dan detektif Joe sendiri. Dengan demikian ada 3 orang tersangka, namun Detektif Joe belum menemukan adanya motif di antara ketiga orang tersebut terkait kasus ini.

Setelah bertanya kepada Nina Claire, Detektif Joe kini telah mengetahui profil Vann Bordie McHurrey dan Michaelo Marhanton, juga kejadian kejadian yang berkaitan dengan korban.

Vann Bordie McHurrey, seorang mantan arsitek yang sangat berbakat, dahulunya ketika muda ia merupakan atlet panahan. Awal  ia berkarir sebagai arsitek dimulai dari ajakan Michaelo. Saat itu Michaelo mengajak Vann untuk bergabung dalam proyek pembuatan gedung monumental, namun Vann menolak. Setahun kemudian Michaelo mengajak Vann untuk bergabung dengannya lagi, dan kali ini Vann bersedia bergabung. Pada saat itu istri Vann mendadak sakit keras, sehingga ia memerlukan biaya besar untuk merawat istrinya. Vann bekerja sangat keras di proyek pertamanya itu, dan membuahkan hasil yang gemilang, proyek Michaelo sukses besar dan Vann mendapat uang yang cukup untuk merawat istrinya. Proyek proyek Vann berikutnya membuahkan hasil yang sama seperti proyek pertamanya, menjadikan perusahaan Michaelo semakin meningkat. Namun sayangnya, kesehatan istrinya semkin parah dan kemudian istrinya meninggal. Beberapa bulan setelah istrinya meninggal Vann mengundurkan diri dari perusahaan Michaelo, tak seorang pun tahu apa penyebabnya. Setelah mengundurkan diri, biaya hidup Vann sepenuhnya bergantung kepada kakaknya. Hubungan Vann dengan kakaknya sangat baik, Danis bahkan mencantumkan Vann sebagai penerima warisan terbesar jika Danis meninggal.

Michaelo Marhanton, Pengusaha di bidang arsitektur/pembangunan. Michaelo merupakan tipe pengusaha yang gigih dan mengupayakan berbagai macam cara untuk bisa berhasil dalam proyek yang dijalankannya, tipe yang merasa harus mendapatkan apapun yang diinginkan. Perusahaannya tidak terlalu dikenal umum namun terus berkembang secara perlahan, kesempatan awalnya untuk memperkenalkan perusahaannya ke khalayat umum ialah ketika ia menerima proyek pembangunan gedung monumental di kota besar. Proyek ini harus dikerjakannya bersama dengan seorang arsitek yang sangat berbakat, untuk itulah dia mengajak Vann untuk bergabung. Pada saat itu Vann memang bukan seorang arsitek yang dikenal, namun Vann memiliki bakat yang melebihi arsitek arsitek terkenal saat itu. Informasi ini didapatkannya dari kakak Vann, Danis Mchurrey. Namun sayangnya, tawaran Michaelo ditolak mentah mentah oleh Vann dan proyek yang dijalankannya itu gagal total. Perusahannya tersebut berada di ambang kehancuran, namun Michaelo yang gigih belum menyerah sampai disitu. Butuh kurang lebih setahun baginya untuk kembali meraih kesuksesannya yang hilang. Ia mendapat satu proyek besar lagi yang kali ini jika ia gagal maka tamatlah perusahaan yang dibangunnya itu. Kali ini dia mengajak Vann kembali untuk bergabung, dan Vann bersedia. Proyek tersebut berhasil dengan memuaskan, perusahaannya semakin maju dan dikenal oleh umum. Kini ia menjadi seorang pengusaha sukses. Satu informasi penting, modal yang dipakai Michaelo pada proyek yang membuat perusahaannya terkenal berasal dari Danis McHurrey. Namun ketika Michaelo membayar sejumlah uang yang dipinjamnya kepada Danis, Danis tidak menerimanya. Dia ingin uang yang pinjamannya dibayar dengan jasa pembangunan perusahaan Michaelo. Hutang Michaelo baru dihitung lunas ketika Danis menggunakan jasa pembangunannya sebanyak empat kali, padahal jika diuangkan jumlah yang dibayarkan Michaelo sampai 5 kali lipat dari hutang awalnya. Michaelo yang berdarah panas sudah pasti menyimpan dendam kepada Danis, namun bagaimanapun juga ia tidak bisa melawan milionaire Norwegia tersebut.

Begitulah penjelasan yang dari Nina Claire. Detektif Joe tak lupa untuk mencari tahu latar belakang Nina sebagai sekretaris korban. Dia bekerja sebagai sekretaris Danis kurang lebih sudah selama empat tahun. Selama itu Nina selalu mendapatkan tugas-tugas berat dari tuannya, tugas yang diberikan kepadanya itu sangatlah tidak cocok dikerjakan oleh sekretaris lebih cocok seorang pelayan atau pembantu rumah tangga. Nina yang berharga diri tinggi tidak terima akan perlakuan tuannya tersebut, ia merasa dihina, namun gaji tinggi yang diberikan Danis membuatnya bertahan. Pernah satu kali ia tidak tahan, dan mengundurkan diri dari pekerjaannya kemudian melamar sebagai sekretaris kepada jutawan lain. Namun Danis yang mengetahui hal tersebut menyebarkan berita bohong mengenai kejelekan Nina pada calon majikannya yang baru, alhasil lamaran Nina ditolak sehingga ia kembali bekerja kepada Danis.

Ada satu hal yang lupa diperhatikan Detektif Joe, dua orang tersangka, Michael dan Vann Bordie belum keluar dari labirin ini. Dia mencari mereka, dan menemukan keduanya dalam kondisi tak bernyawa. Penyebab kematian mereka berdua sama, yaitu jantung yang ditusuk sebuah paku besar yang panjang. Detektif Joe mulai berubah pikiran, mungkin ini ulah orang luar dengan motif uang, perampokan pikirnya. Namun kesimpulan tersebut seratus persen salah, dompet kedua korban tidak disentuh,  jam tangan rolex yang melilit tangan kanan Michaelo pun masih utuh. Hanya ada satu tersangka sekarang, Nina, namun adakah bukti yang mengarah padanya? Detektif Joe harus berpikir keras untuk memecahkan kasus memilukan ini..

190 comments on “Teka teki Detektif (36)

  1. Maaf, saya akan mencoba memecahkannya menggunakan pemikiran saya.

    Menurut saya, pelakunya adalah Nina dan Vann.

    Kronologis :
    1. Peserta memasuki Labirin.
    2. Kemungkinan besar, di seluruh wilayah labirin terdapat paku panjang. Vann mengambil paku tersebut, lalu mengincar Danis. Motifnya tentu saja utk mendapatkan warisannya.
    3. Tempat Danis utk menunggu para peserta, kemungkinan besar berada di tengah labirin, lalu Vann membunuh Danis dan meninggalkannya.
    4. Ternyata Danis belum mati dan msh sekarat, ia menulis dying message, “Engkau dapat bercermin padanya, begitu bening dan tenang.” Pesan itu mencirikan sesuatu seperti cermin. Dan tepat sekali, Vann yg membunuh Danis, sdg menggunakan kacamata retro hitam, dan kita dapat bercermin pada kacamatanya.
    5. Tak sengaja, Nina melihat mayat Danis dan pesannya. Ia memahami pesan tersebut lalu memutuskan utk mengambil paku (yg kemungkinan besar ada di setiap wilayah labirin) utk membalas dendam kepada Vann. Ia melakukan itu karena bossnya kini telah tiada dan tak ada tempat lgi bagi dia utk bekerja krn nama baiknya telah tercemar.
    6. Nina lalu membunuh Vann.
    7. Takut akan tindakannya diketahui, Nina berusaha membunuh semua peserta. Termasuk Detektif Joe.
    8. Untungnya Detektif Joe berhasil keluar sebelum Nina menemukannya. Dan akhirnya Michael terbunuh juga oleh Nina.
    9. Agar menyempurnakan tindakannya, ia kembali ke tempat Danis lalu berteriak seakan-akan baru bertemu dgn mayat Danis.

    Maaf kalau salah, krn saya mshlah amatir.🙂

    Like

  2. ~Konbawa Minna-san~
    ak coba jwb ya…
    sebenernya aq dah tw 35% kebenaran kasus ini karna aq yg bwt…
    tp karena dirubah kak irfan jd agak rumit…
    kira-kira gini:
    1.Pesan dr Danis itu artinya air yg dlm bahasa Norwegia artinya Vann.Klo jwb maksudnya kacamata jls slh,karna kacamata yg dipakai hitam berarti tdk bening.
    2.Kejadiannya Vann yg berniat membunuh Danis slh membunuh Michaelo karna mengira ia Vann.
    3.Ia sadar klo sdh slh org.Jd ia mencari dan membunuh Danis.
    4.Nina mengerti arti pesan Danis.Ia pun berniat membunuh Vann.
    Gitu dulu deh…
    Mungkin ada yg mw menyempurnakannya…

    “Justice will prevail no matter what!”

    Like

  3. sy mw jawab, tapi maaf klo salah

    -karena maksud pesan danis adalah air, yg ternyata kata afterlife
    harus diubah ke bahasa norwegia yang artinya vann, sudah jelas pelakunya
    vann adik danis
    -tapi sepertinya tujuan vann adalah membunuh danis tapi karena baju
    yg dipakai michaelo sama dengan danis maka vann salah sangka dan membunuh michaelo
    terlebih dulu karna mengira itu danis
    -dugaan tersebut terlihat dari kondisi mayat danis dengan paku miring kekanan
    dan bercak darah di punggung tangan kanan korban.kronologisnya :
    1.setelah salah membunuh michaelo ia langsung pergi mencari danis
    2.bercak darah di punggung tangan kanan danis kemungkinan bekas darah michaelo
    yg menempel di tangan vann.
    3.vann yang melihat danis dari belakang tidak mungkin salah orang lagi,
    sehingga tanpa melihat muka danis langsung memegang punggung danis agar
    danis membalikkan badan dan langsung menusuk dadanya tanpa melihat muka danis terlebih
    dahulu
    4.sehingga posisi paku meleset dan pakunya miring kekanan(karena posisi jantung
    disebelah kiri)
    5.menyababkan danis masih bisa bernapas dan menuliskan dying massage meskipun
    dalam keadaan kritis
    -selanjutnya masih membingungkan apakan vann bunuh diri atau dibunuh nina,
    kemungkinan vann dibunuh nina kerena dilihat dari psikologi vann yg
    tetap melanjutkan aksinya meskipun telah salah membunuh michaelo
    membuktikan ia tidak mungkin bunuh diri dan ditambah lagi nina
    yang bekerja pada danis selama 4 tahun pasti langsung mengerti apa arti
    dari pesan danis tersebut. nina mungkin membunuh vann kesal telah kehilangan
    pekerjaan

    Like

  4. sedikit tambahan, mungkin dari teka teki di atas saya kurang jelas mengatakannya.. tapi saat Detective Joe menemukan Vann dan Michaelo, letak mayat mereka berdua berdekatan..

    Like

    • wah…
      tambah bkn bingung…
      sebenernya pelakunya pasti Nina karna dia yg ada disana…
      cuma buktinya aja minim…
      klo pelaku bunuh diri toh bwt apa…
      apa karna tkt ditangkap…
      klo tkt ditangkap ya g ush ngelakuin pembunuhan…

      Like

  5. bisa nebak gk gampang loh

    conan kembali menemui kasus terbunuhnya ahli kimia asal australia pada saat pesta kebun , korban tertikam dibgian perut. Namun sang korban sempat meninggalkan pesan kematian bberupa angka 47 .
    setelah melalui berbagai introgasi terdapat 3 tersangka

    Gin : seorangg juru masak pesta , terampil dalam menggunakan pisau , dia mengaku spanjang pesta berada di dapur

    Kaito kid : teman dekat sih ahli ilmiah , berpakaian rapi , memakai setelan berwarna jas perak,,dia mengaku sedang bersantai sambil mengitari rumah

    Shuichi akai : seorang akuntan si ahli ilmiah , bberpakaian tuxedo hitam , diketauhi memiliki hutang pada kiennya tersebut , dia mengaku sedang mnelepon kliennya yg lain.

    namun akhirnya conan dapat memecahkan pesan kematian tersebut dan berhasil menemukan pelakunya siapakah itu

    sorry pke karakter di conan wkwkkwkwkwkwkw

    Like

    • mana???
      km blm jwb sama sekali lho…
      mumpung blm bsk…
      mending coba skrg…
      mungkin mw menyempurnakan analisisku jg blh kok…

      Like

  6. jd tambah bingung…
    mungkin gini kali ya…
    agak dirubah dr analisis sebelumnya…
    Vann tdk slh membunuh org tp memang ia mw membunuh Danis dan Michaelo…
    Nina menemukan Vann setelah membunuh Michaelo,kebetulan posisi Vann blm jauh dr mayat Michaelo…
    Nina sebelumnya sudah membaca dan mengerti arti pesan Danis…
    Nina membunuh Vann dr belakang…
    dah kira-kira gt…
    mungkin ada yg mw menyempurnakan…

    Like

  7. Semuanya yang menjawab sudah bisa melihat kasus ini secara lebih jauh, ya benar, dalam kasus ini terjadi suatu kesalahan yang dbuat pelaku yaitu pelaku salah mengenali korban yang diincarnya..
    Untuk itu jelas bahwa korban yang diincar haruslah mirip sehingga bisa kita simpulkan bahwa target yang akan dibunuh pelaku adalah Danis McHurrey dan Michaelo Marhanton..
    Dengan demikian kita juga mendapatkan dua tersangka yaitu Vann Bordie McHurrey dan Nina Claire.. Namun kalau ditinjau dari kasus sendiri kesimpulan yang kita dapat ini sudah melangkah terlalu jauh dan penyelsaian terkesan lebih simpel. Untuk itu mari blogger tuntun readers(panggilan untuk pengunjung blog ini, setuju?) dari awal terjadinya kasus sampai akhir kesimpulan dari kasus..

    Kita tinjau TKP terlebih dahulu,
    “Korban terbaring telentang dengan kedua tangan di atas dadanya. Penyebab kematiannya adalah kehabisan darah, jantungnya ditusuk oleh sebuah paku besar yang panjang. Paku itu masih tertancap di dada korban dengan posisi yang sedikit miring ke kanan. Di punggung tangan kanan korban terdapat sedikit bercak darah. Di samping dan sekeliling korban terdapat banyak jejak kaki, namun karena di awal semua peserta memakai alas kaki dengan jejak yang sama, akan sulit membedakan itu jejak kaki siapa”
    pertama kita tahu bahwa korban meninggal karena ditusuk paku di jantungnya. Dari hal tersebut kita perkirakan kemungkinan-kemungkinan korban ditusuk dari arah mana?
    kemungkinan pertama, korban diserang dari arah depan. hal ini cukup sulit dilakukan karena dengan demikian pelaku akan bergulat terlebih dahulu dengan korban, dalam hal ini korban bisa berbalik menang terhadap pelaku dan juga korban dapat berteriak sehingga aksi pelaku tersebut dapat diketahui orang lain. Bisa saja pelaku berbasa basi dulu lalu tiba tiba menusuk korban, jika di ruangan tertutup hal ini mungkin mungkin saja, namun kejadian bertempat di sebuah labirin di taman pribadi yang saat itu ramai oleh tamu pesta. Tapi serangan dari depan dengan diawali basa basi juga mungkin dilakukan pelaku, yang diperlukan hanyalah sebuah obat bius atau sesuatu untuk membekap korban agar korban tidak melawan juga berteriak ketika jantungnya ditusuk. Hal ini sangat mungkin, tapi lagi lagi bukti dari TKP menyangkal teori ini. “Penyebab kematiannya adalah kehabisan darah, jantungnya ditusuk oleh sebuah paku besar yang panjang. Paku itu masih tertancap di dada korban dengan posisi yang sedikit miring ke kanan.” jika korban diserang dari depan maka mengapa paku tersebut agak miring ke samping kanan (kanan korban). seharusnya jika diserang dari arah depan paku akan tertancap secara lurus atau bahkan miring ke kiri (namun hal ini kecil kemungkinannya karena terhalang tangan kiri korban). gugurlah teori diserang dari arah depan..

    dari teori di atas kita dapatkan kesimpulan bahwa dalam kasus ini, hal yang perlu dicegah pelaku adalah perlawanan dari korban dan berteriaknya korban.

    lanjut ke kemungkinan kedua, serangan dari belakang. teori ini sangat memungkinkan dalam kasus yang sedang kita bahas, mengapa? karena jika si pelaku memiliki lengan yang kuat dan terlatih maka serangan menusuk dari arah belakang akan berhasil sesuai rencananya. Dia mengendap-ngendao dari belakang korban, membekap mulut korban dari belakang berbarengan dengan menusukan paku ke jantung korban. dengan demikian korban mati tanpa bisa berteriak atau melawan terlebih dahulu. Ragu dengan teori ini? namun bukti di TKP sangat mendukung.. “paku itu masih tertancap di dada korban dengan posisi agak miring ke kanan”.. kalian imajinasikan saja, jantung itu di sebelah kiri, jika kita mengendapdari belakang kemudian mnancapkan paku dengan cara mengayunkan tangan dari arah samping kanan korban ke jantung korban yang ada di sebelah kiri.. maka posisi tangan kita saat menyentuh bagian dada korban akan sedikit miring ke kanan, itulah mengapa paku tersebut miring sedikit ke kanan, dan hal tersebut menunjukan korban diserang dari arah belakang..

    Namun siapa yang melakukannya? Untungnya disamping korban terdapat sebuah tulisan yang kemungkinan dying message dari korban, di telunjuk kanan korban pun terdapat sisa tanah yang mengindikasikan telunjuk korbanlah yang menggores tanah sehingga menghasilkan kalimat dying message tersebut.. “engkau dapat bercermin padanya. begitu bening dan tenang”
    mari kita pecahkan dying message ini, seperti yang leo jelaskan di atas.. sesuatu yang terlukis dari kata kata itu adalah air, yang jika bening dan tenang riaknya kita dapat bercermin pada air. Korban adalah orang norwegia, dan dalam bahasa norwegia air adalah Vann.. Vann, Vann Bordie McHurrey. Dying Message itu menunjukan bahwa dialah pelakunya, namun apa itu cukup?

    Mari kita tinjau kembali, siapa dari ketiga tersangka yang paling mungkin melakukan pembunuhan terhadap Danis. Dari paku yang menancap sedikit ke kanan kita telah simpulkan bahwa pelaku menyerang korban dari belakang. Untuk melakukan hal ini tentu diperlukan tenaga yang besar, karena korban adalah laki laki yang memiliki kekuatan cukup besar untuk melakukan perlawanan. Untuk itu kita bisa menyingkirkan Nina dari daftar tersangka pembunuh Danis McHurrey. Tersisa dua tersangka, Vann dan Michaelo.. Keduanya sama sama lelaki, dan dapat dipastikan mereka memiliki cukup kekuatan untuk membekap dan menusuk Danis dari belakang.. Namun siapa dari mereka yang melakukannya..
    Untuk membuktikan hal ini blogger memberikan satu clue penting di akhir cerita teka teki ini untuk membuktikan siapa pembunuhnya.. coba baca kalimat ini “Namun kesimpulan tersebut seratus persen salah, dompet kedua korban tidak disentuh, jam tangan rolex yang melilit tangan kanan Michaelo pun masih utuh.”
    “jam tangan rolex yang melilit tangan kanan Michaelo pun masih utuh”
    “jam tangan rolex yang melilit tangan kanan Michaelo ”
    “melilit tangan kanan”

    Umumnya pada orang normal, jam biasa dipakai di tangan kiri karena tangan kanan lah yang banyak dipakai bekerja. Orang yang memakai jam tangan di tangan kanannya berarti mereka itu kidal. tangan kirinya yang dominan melakukan aktivitas, tangan kirinya yang banyak digunakannya. Lantas jika Michaelo yang membunuh korban, mengapa paku itu sedikit miring ke kanan, seharusnya ke kiri karena Michaelo itu kidal. Penjelasannya simpel saja, bahwa Michaelo tidaklah melakukan pembunuhan terhadap Danis. Vann lah yang melakukannya.. Bukti dan Dying Message pun berkata demikian, dan hal itu dikarenakan memang Vann lah yang membunuh Danis..

    Tapi mengapa?

    Like

  8. gini mungkin ya…
    Vann ingin dpt warisan dari Danis.
    kyk yg dah dijelasin irfan sensei klo dia slh bunuh org yaitu Michaelo yg dia kira Danis.
    trus hbs dia bunuh Michaelo dia bunuh Danis.
    agak bingung jg soalnya karna mayat Vann dan Michaelo berdekatan.
    apa mungkin cm kebetulan ato memang karna hal lain?
    klo dilihat dari urutan pembunuhan sih kyknya Danis dibunuh setelah Michaelo soalnya pakunya masih menancap.
    klo bunuh Danis trus br bunuh Michaelo kan g mungkin masa hbs dicabut pakunya trus dibalikin lg g mungkin jg kan.
    jadi bingung sendiri nih sekarang….
    Sumimasen…-_-v

    Like

    • irfan nurhadi, fotonya sama kaya di blog ini kok.. conan

      oiya, semuanya maaf ya jika pembahasan kasus ini terbengkalai juga shinkasen 4 blm di post.. blogger baru menyelesaikan ospek di fakultasnya yang spektakuler, dan buat kedepannya insya allah akan blogger aktifkan lagi postingan terbaru dan pembahasan kasus yg blm solved.. stay tunned everybody..😀

      Like

  9. sebelumnya kita sudah mendapatkan kesimpulan bahwa baik dari bukti fisik maupun dying message pelaku dari pembunuhan Danis adalah Vann..
    Tapi bagaimana soal terbunuhnya Michaelo dan Vann?

    Kita kembali lihat keadaan TKP terbunuhnya Danis. LIhat fakta tersebut, “Korban terbaring telentang dengan kedua tangan di atas dadanya…” dan “…Di punggung tangan kanan korban terdapat sedikit bercak darah.”
    mengapa tangan korban berada di atas dadanya? posisi ini menunjukan pose ‘normalnya’ orang meninggal sesaat sebelum pemakaman. Contohnya saja di peti mati biasanya jenazah suka diletakkan dengan posisi kedua tangan di atas dadanya. Kita tahu kalau dying message itu ditulis korban, dying message adalah upaya terakhir dari seseorang yang sekarat untuk memberitahukan suatu pesan kepada yang masih hidup. Tentunya untuk menulis dying message, yang juga terhitung panjang dalam kasus kali ini korban mengerahkan seluruh energi terakhirnya. Jika demikian maka tangan kanannya yang dipakainya menulis pesan akan tergeletak di akhir kalimat dying message, atau setidaknya disamping kalimat tesebut. Lantas mengapa KEDUA tangannya berada di atas dada? Dia kan menulis dying message, yang sudah tidak punya banyak waktu lagi. Atau, memang benarkah dying message itu ditulis olehnya?

    Kalian jawab apa pada pertanyaan itu? “Tentu saja korban yang menulisnya telunjuk tangan kanannya saja memiliki jejak tanah.” Sebelum itu, tidakkah kalian heran bagaimana bisa korban tahu Vann yang membunuhnya? korban kan diserang dari belakang.. jadi bagaimana? “…Di punggung tangan kanan korban terdapat sedikit bercak darah”. Dari mana bercak darah yang sedikit tersebut menempel di punggung tangannya, yang kalian semua tahu punggung tangan itu daerah ‘sudut mati’. Aneh kan, bagaimana bisa ada sedikit bercak darah di punggung tangannya. jika dia memegang dadanya yang ditusuk maka bekas darah yang muncul bukanlah bercak melainkan darah yang mengalir. jadi bagaimana bisa ada bercak darah di tangan korban?

    kita tulis poin poin aneh ini secara berurut..
    1. Mengapa kedua tangan korban berada di atas dadanya, seperti jenazah pemakaman seperti umumnya? jawwab : masih misteri.
    2. Bagaimana bisa korban mengetahui identitas pelaku, sedangkan korban diserang dari belakang? jawab : masih misteri.
    3. Mengapa terdapat bercak darah di punggung tangan korban? jawab : masih misteri.

    ayo semuanya lanjutkan pemecahan kasus ini, kali ini blogger akan membimbing kalian agar kalian yang memecahkan kasus kali ini.

    Like

    • kyknya kak irfan agak berubah pikiran….
      soal yg no 2 itu lho…
      aku kan jg dah pernah blg…
      kliatannya pelaku bersuara…
      mungkin pelaku mengancam ato menghujat korban….
      yg lainnya msh g jls…
      agak g ngerti sm yg no 3…
      yg daerah punggung tangan itu “daerah mati”…
      g ngerti maksudnya gimana…
      hehehe…
      Gomen… -_-v

      Like

      • berubah pikiran? tidak, semua ini sudah kk susun sedemikian rupa jadi hal itu tidak benar..
        kk kan udah bilang di komen sblmnya, si pelaku melakukan aksinya diam diam.. ini tempat terbuka, salah sedikit bisa terbongkar aksinya, jadi aksi ini harus dilakasanakan diam – diam, ga mungkin ada hujta menghujat, nanti tamu lain mendengar.. maksudnya, daerah punggung tangn itu sudut mati, coba aja kalo kamu megang sesuatu yang bersentuhan dengan sesuatu itu telapak tangan kan? bukan punggung tangan, jadi gimana bisa ada bercak darah disana..

        buat adhy, makasih kirimannya.. pengen coba pecahin dulu, tapi mungkin lama.. soalnya otak blogger lemot nih.. -_-

        Like

      • msh g ngerti….
        maklum rada lelet…
        maksudku menghujat itu gini…
        pelaku menutup mulut korban dan membisikkan sesuatu…
        kyk di film film biasanya itu lho…
        jd korban tw siapa pelakunya dr suara dan yg diucapkan si pelaku…
        kira” gt…
        Gomen…

        Like

      • hehhe… kalo kasus gw jwbn sebenarnya mengarah ke clue bukunya. pastinya lista. hehehheeheeh😀

        Like

  10. kak irfan kok ga nongol nongol….
    apa karna terlalu sibuk kuliah??
    tp biasanya ttp mampir kok…
    kok g muncul sama sekali ya…
    kak irfan jg blm mosting apapun di bulan September…

    Like

  11. semenjak blog ini sepi…
    rasanya jd agak mls mikir…
    aq pkr yg lain jg dah ilang entah kemana…
    tp ternyata msh ada reynaldo-kun…
    Kak Irfan jgn lupa sama kita ya…

    Like

  12. Kak dimohonkan untuk membangkitkan grup ini sudah 1 bulan ( mungkin ) kakak tidak mempost postingan baru bisa bisa otak ni jadi ga kerja karena ga ada teka teki ni😄

    Like

  13. hai smuanya.. salam kenal yah.. namaku kemal.. aku harap aku boleh gabung sama kalian disini.. aku suka banget sama teka tekinya.. sukses slalu buat kk irfan yah.. dan yang laennya juga..

    disini aku mau coba jawab terusan dari cerita ini menurut analisisku..

    1. Mengapa kedua tangan korban berada di atas dadanya, itu karena Nina.. setelah melihat mayat boss nya dan membaca dying message tersebut, Nina mengetahui bahwa yang membunuh bosnya tersebut adalah Vann. Maka, setelah itu Nina langsung mencari Vann yang pada saat itu sedang membersihkan bukti2 pembunuhannya atas Michaelo.. Dan langsung membunuhnya. Hal inilah yang menjelaskan kenapa mayat Vann dan Michaelo berdekatan.. Setelah membunuh Vann, Nina kembali ke mayat Danis dan menaruh tangan Danis diatas dadanya seperti jenazah yang akan dimakamkan.

    2. Bagaimana bisa korban mengetahui identitas si pelaku padahal dia diserang dari belakang, itu karena saat mulut korban dibekap dari belakang oleh Vann, korban memang tidak bisa melihat si pelaku, tetapi korban dapat melihat lengan jas yang dipakai si pelaku, yaitu warna abu-abu, siapa lagi yang memakainya kalau bukan Vann?! Karena Michaelo memakai jas yang berwarna sama dengan korban yaitu biru tua.

    3. Mengapa terdapat bercak darah di punggung tangan korban adalah karena pada saat Nina menaruh tangan korban diatas dadanya selayaknya jenazah di pemakaman, Nina pasti menyentuh punggung tangan korban (sudut mati yang kk irfan bilang tersebut). Bercak darah yang ada di punggung tangan korban tersebut adalah bercak darah Vann yang telah dibunuh oleh Nina.

    Motif Nina membunuh Vann adalah seperti yang sudah ditebak oleh teman2 sebelumnya.. yaitu Nina tidak akan mendapatkan pekerjaan lagi karena boss nya telah meninggal.
    Tapi sejujurnya aku masih belum bisa menjawab analisiku sendiri..
    aku masih belum dapat menemukan bagaimana cara Nina membunuh Vann dengan cara menusuknya juga.. menggunakan apa?!

    Tapi itu tidak penting lagi jika ternyata analisiku salah total..

    sekian analisisku teman2..
    mohon maaf apabila ada yang tidak masuk akal yah.. masih pemula.. hehe..
    sekali lagi salam kenal yah buat smuanya..

    Like

    • salam kenal kemal.. ^^
      satu kekurangan dari teori kemal adalah nina itu wanita, sedangkan vann laki laki yang dulunya seorang atlet panah.. tangan vann pasti kuat, bagaimana nina bisa membunuh vann dengan leluasa? jika ada bius bisa saja, namun tidak dikatakan ada obat bius semacam khloroform dll.. coba baca analisis dari ace, keren banget, itu jawaban tepatnya.. xD

      Like

      • Iya kak.. Makanya aku juga bingung sendirii.. Ohhhh.. Gitu toh ternyata.. Maaf kak, masih ada yang aku ga ngerti.. Sory kalo lemot yah kak.. kalo misalkan vann yang meletakkan tangan danis diatas dadanya itu adalah vann, artinya kan si danis dah meninggal kan?! Lalu, yang menulis dying message siapa kak??

        Like

      • nah, yang menulisnya itu vann sendiri.. jadi setelah mengetahui bahwa dia salah membunuh, dia merasa sangat bersalah dan menuliskan dying message sebagai rasa bersalahya itu.. intinya dia ingin orang lain, polisi dan detective joe, tahu bahwa dialah yang telah membunuh kakaknya.. tapi dia menuliskan dying message itu dengan tangan danis, sehingga pada saat itulah sebenarnya tangan vann yang berlumuran darah danis meninggalkan bercak darah pada tangan danis.. selanjutnya? seperti yang dijelaskan oleh ace.. ^^
        ayo, masih ada satu misteri lagi.. motif vann membunuh michaelo.

        Like

  14. Pelakunya Vann seorang. Nina sama sekali tidak terlibat. kecuali kalo Nina adalah seorang Manusia super, 3 orang pria dibunuh tanpa ada bius terhadap mereka terlebih dahulu?! itu konyol. demi mencari pekerjaan lain?! itu motivasinya?! terlalu mengada2.
    kenapa hanya Vann seorang?! kenapa si pembunuh mati juga?! lalu kenapa hanya Nina saja yang selamat.
    alasan cukup simpel: Vann mengincar Michaelo (entah apa alasanya karena tidak di ceritakan, tapi ada konflik antara Vann dan Michaelo). tapi justru salah membunuh karena Danis dan Michaelo hanya berbeda warna dasi. ya, Michaelo berdasi silver. membunuh Danis dari posisi belakang, Benar (paku miring kekanan sedangkan, Michaelo kidal). itu alasan paling masuk akal karena Vann, tidak tahu itu kakaknya. posisi tangan diatas dada Danis? HANYA DANIS?! ada orang lain yang meletakannya di dada korban. kok bisa begitu? kalian pikir saja, siapa orang gila sekarat yang sempet masang gaya sebelum mati?! lalu bercak darah dipunggung tangan, ya jelas, pelakulah yang meletakkan posisi tangan itu. bercak darah adalah cap dari tangan si pembunuh yg sudah bersimbah darah Danis. kenapa pembunuhnya repot2 meletakkan posisi tangan korban? artinya pelakunya adalah kerabatnya sendiri. Nina kah yang meletakan posisi itu?! tidak. jika pembunuhnya memiliki motif dendam pada danis, maka posisi danis tidak seperti itu.
    Kembali pada Vann. Lalu, dengan rasa bersalah telah membunuh kakaknya, Vann kemudian kembali mencari Michaelo. setelah berhasil menemukan dan membunuhnya. Vann bunuh diri. alasan bunuh diri?! ya karena ia merasa bersalah telah membunuh kakaknya.
    dan Nina? Ahhhhhhhhh!!! (Menjerit).

    Like

    • sugoiiiii…!!!😄
      jawaban anda tepat sekali, penjelasan yang rinci (kecuali tentang motif).. motif bisa dilihat di riwayat kehidupan michaelo dan vann.. coba baca kembali, pertimbangkan kepribadian tiap tokoh.. ^^
      sugoi, sugoi… xD

      kasus terpecahkan, tinggal masalah motif, ayo teman teman yang masih penasaran coba pecahkan apa motifnya.. ^^d

      Like

      • Kalo masalah motif kak, hmmmm.. Yang masuk akal sih ya karena si michaelo punya dendam sama si danis tapi dia tidak bisa berbuat apa2.. Untuk itu dia membalaskan dendamnya tersebut melalui vann dengan cara meng-eksploitasi kemampuan vann secara besar2an agar dapat membayar hutang2nya tersebut.. Karna terlalu sibuk, vann jadi tidak punya waktu untuk merawat istrinya dan dy menyesalinya sampai istrinya meninggal.. Sehingga dia mendendam kepada michaelo..

        Like

      • kayaknya kita masih seangkatan deh, aku baru lulus sma tahun ini.. so, ga usah panggil kakak deh.. ^^
        ato mungkin malah aku yang harus panggil kemal kakak.. :3
        panggil irfan aja..

        Like

      • Oiya yah.. Asal mula utang tersebut karena vann menolak ikutan proyek yang menyebabkan perusahaan michaelo hampir bangkrut..

        Oke deh kalo gitu fan.. Salam kenal yah.. Berkarya teruss.. Aku suka karya2mu.. Hehe..

        Btw, knapa kamu bisa punya asumsi kita seumuran fan??

        Like

      • awalnya kukira seumuran karena sebelumnya kamu bilang udah lulus sma, aku kan baru lulus jadi yang kepikiran langsung itu.. ^^v
        terimakasih sudah mengapresiasi karyaku, sekarang lagi seret-seretnya semangat untuk ngelanjutinnya.. biasa, awal awal di linkungan dan kondisi baru..

        Like

      • Iya fan.. Kamu bener.. Ga usah pake kakak2an.. Panggil nama aja.. Aku punya adek yang selisih setahun lebih muda dari kamu.. Dan selisih umur aku dan adekku 7 tahun.. (Halus banget yah ngomongnya.. Hehe..)

        Like

    • link blognya g mati…
      tp link yg km ksh di sini yg mati…
      supaya g mati…
      km buka blogmu…
      trus copy linknya kesini…
      jangan diketik sendiri…
      klo diketik sendiri ya ga nyala linknya…

      Like

      • Salam kenal kk leo.. Sory kak ga bisa jawab pake jepang.. Masih blajar kak.. Hahaha..
        Salam kenal juga kak jeremy..

        Like

  15. ak jg msh bljr kok…
    ak translate aja ya…
    Selamat siang…
    Perkenalkan nama saya Leo…
    Senang berkenalan denganmu zaoldieck-san~~
    ak msh kls 6 sd…
    jd jgn panggil kak ya zaoldieck-san…

    Like

  16. hwaa….. keren…
    yahohoo, q newbie d sini…
    keren banget kasusnya, q ikutan yah….
    gmna buatnya tuh?? dr cerita asli ato karangan??
    ap ad yg br lg?? kpan updatenya??
    ikut..ikut..ikut… q mw ikutan….
    gehe~

    Like

    • Kebetulan teka tekinya karangan leo/afterlife, dia juga pengunjung nih blog. Terus rincian cerita dan lain lainnya saya tambahkan kemudian..selamat bergabung.. ^^
      Untuk sekarang mungkin agak lama updatenya, ditunggu aja ya..😀

      Like

  17. q g tw km pernah main game ini ato belum, tp mnurut q game ini ckup bagus, geme tentang kasus pembunuhan, dan player sebagai detektifnya…
    judulnya “Jisei : first case”
    game bertype VN/Visual Novel
    http://www.mediafire.com/?zz15gajzzji
    q udh maen, tp g bsa nebak sapa pelakunya, gamenya berbahasa inggris, im not realy good at english tought.
    so, why didn’t u try this?
    q dpet dr indowebster, thx alot…..^^
    gehe~

    Like

  18. yahohoo~ salam kenal juga zaoldieck…
    umm… kok g ad updatetanya lg yah nie blog…
    blogernya kmana neh… bosen nunggu… -_-a
    kelamaan nunggu jd g minat lg dengan teka-teki….
    ganti hobi ahhh~ :3
    gehe~

    Like

  19. Waaaaaa!!!!!!!!!!!!
    Long time no see guys…..
    tp tetap blm ada kasus baru yah….
    -.-
    lagi sibuk les jadi jarang liat nih blog bentar lagi mw tes penempatan…
    Kak irfan-sensei msh sibuk kuliah ya???
    kapan nih Shinkansen Tragedy 4 nya di post???

    Like

  20. ak mau memberi sedikit tambahan disini.. saya bingung dengan bagaimana michaelo dan vann mati yang dikatakan penyebabnya paku besar..
    melalui penjelasan ace bahwa danis dibunuh duluan baru membunuh michaelo..

    1. michaelo dibunuh menggunakan apa? paku? kenapa pakunya masih di danis?
    2. vann bunuh diri menggunakan paku yang mana? sedangkan tidak disebutkan ada paku lain di TKP.
    3. apakah vann kembali ke mayat kakaknya untuk menancapkan paku di dada danis?

    Like

    • lets say that vann has more than one nail, probably two or even more.. in case that using just one nail is not enough to kill someone.. fortunately one nail is enough to kill someone, but the victim is not his target.. bla bla bla, he killed his target, with the other nail he has and then use the same to kill himself..

      Like

  21. Hai semuanya ^^ aku baru gabung di sini.. Boleh kan? Hehe.. Suka banget sama teka teki nya.. Di tunggu postingan selanjutnya (:

    – Anggie

    Like

  22. salam kenal sebelumnya,
    saya rasa ada yang masih janggal, (atau saya yang rada lelet. heheheh). tapi menurut saya setelah vann membunuh kakaknya, yang dia kira michello. selanjutnya dia mencari dan membunuh michello ternyata pembunuhan michello dilihat dari nina, nina mengendap-endap dan mengambil paku yang tertancap pada tubuh michello. dan membunuh vann dari belakang. apa alasannya?
    alasannya adalah dengan terbunuhnya dannis, nina tidak bisa menguasai harta dannis. ingat bukankah dannis sudah membuat surat warisan dan vann yang akan dapat bagian terbesar harta warisan dannis.

    yang kedua pada bagian kisah disebutkan nina bukanlah sekertaris biasa, nina biasa diberi tugas yang berat bahkan tugas seorang pembantu. dari sini kita bisa mengindikasikan nina adalah seorang perempuan dengan tenaga yang besar, dan nina bisa membunuh vann yang telah kehabisan tenaga (akibat telah membunuh 2 orang). selanjutnya nina kembali mengambil paku yang tertancap di dada vann, lalu kembali ke dannis dan menancapkan paku itu kembali, dan menaruh tangan dannis di dada, agar tertutup luka tusuk yang sudah melebar dari luka tusuk sebelumnya.

    yang ketiga adalah pose nina yang aneh, yakni nina berteriak sambil berlutut, biasanya orang yang teriak akan jatuh duduk ke belakang. hal ini mungkin di lakukan ketika dia membawa paku dari dada vann ke tempat dannis, ada sebagian darah dari ujung paku yang terciprat ke bagian kaki nina. sehingga dia menutupinya dengan berlutut sehingga darah akan tersamar oleh tanah dan nina akan mempunyai alibi yang sangat kuat.

    oh iya alasan vann ingin membunuh michello ialah, vann bekerja keras untuk membiayai pengobatan istrinya. pada proyek pertama vann mendapatkan uang yang cukup banyak. sehingga ia mau bekerja sama dengan michello, namun pada proyek selanjutnya, vann tidak mendapat bayaran penuh, sehingga ia tidak punya piihan selain bekerja terus bersama michello. namun istri vann meninggal, vann yang sudah tidak punya tujuan hidup akhirnya berhenti dan tinggal bersama dannis.
    dannis yang mengetahui hal itu, menjebak michello supaya ia bekerja membangun perusahaan dannis sebanyak empat kali, agar citra perusahaan michello hancur karena arsitek andalannya yakni vann, telah tidak bekerja diperusahaan itu lagi.

    mohon maaf kalo ngawur. ane masih newbie.

    Like

    • Satu logika sederhana. jika kamu melihat seseorang membunuh, apakah tindakan kamu selanjutnya malah membunuh orang tersebut? dan jika motifnya uang, di cerita kan tidak disebutkan nina akan mendapat warisannya. Pekerjaan berat nina bukan berarti dia binaragawan kan? coba pikirkan lagi poin poin di atas.. ^^

      satu hal yang sangat mengganggu, jangan berspekulasi di luar fakta dari cerita. dari mana kamu bisa dengan pasti membuktikan bahwa di sepatunya ada darah??? sorry..

      Like

  23. o iya . maaf kalo saya berspekulasi dari fakta yang ada, tapi bagaimana kakak bisa mengatakan ada lebih dari satu pasak, sedangakan di cerita tidak ditemukan pasak lain. dan maaf jika vann melakukan bunuh diri seperti yang kakak bilang, kemungkinan besar pasak yang ia gunakan untuk bunuh diri masih menancap di jantungnya, atau di sekitar vann terjatuh. maav saya masih belajar. mohon tanggapannya. sorry……

    Like

  24. motiv nya nina belajar gila supaya dia tidak di tuduh sebagai pembunuh dan supaya di kira sama masyarakat yg ada di pesta nina lah yg menemukan mayat mereka ber dua pertama kalinnya
    kronologis:
    1:nina membunuh vann karena dendam masa lalu dan menjelekan nama baik nina?
    2:setelah dektektiv joe keluar dari labirin, nah itu ksempatan nina untuk membunuh si michello ?
    3:setelah nina membunuh michello dan mayat michello di satukan atau di dekatkan sama mayat vann?
    4:dan nina berteriank seolah olah dia menemukan mayat mereka berdua ?supaya sih dektektip itu tertipu?biar sih dektektiv itu berpikiran seolah olah mereka berdua terbunuh karena pertengkaran di masa lalu
    klo ada yg bisa lengkapi tolong di lengkapi ?
    maap pake bahasa singkat soalnya ga bisa pake bahasa bagus

    Like

  25. Konnichiwa~
    hehe, ini saya newbie yg mau cobak gabung, n jawab pertanyaan.
    boleh yak?

    Saya hanya bisa menemukan kalimat yg janggal di bio Michaelo Marhanton: “tipe yang harus mendapatkan yg dia inginkan”
    karena menginginkan sebuah kesuksesan itu, ia melakukan berbagai cara agar eksistensi perusahaannya tetap meningkat. Kemungkinan, Michaelo memaksa agar Vann untuk bekerja keras atau bisa dikatakan lembur. Hal ini dapat dilakukan Michaelo karena mengetahui kondisi istri Vann yg sakit keras dan membutuhkan biaya pengobatan. Vann akhirnya terpaksa mengikuti ‘order’ dari Michaelo agar mendapat uang untuk membiayai istrinya.

    ketika istrinya meninggal, Vann berfikir bahwa ia kurang perhatian terhadap istrinya karena proyek yang mewajibkan lembur sehingga istrinya meninggal. Walaupun diketahui bahwa Vann adalah mantan atlit panah yg otomatis bisa menjaga emosinya, tidak tertutup kemungkinan dia mempunyai dendam terhadap Michaelo dan beberapa bulan setelah istrinya meninggal, dia memutuskan untuk mengundurkan diri karena sudah tidak ada yg diperjuangkannya lagi dan mungkin untuk menyusun rencana membunuh Michaelo yg merenggut waktu Vann untuk merawat istrinya dan secara tidak langsung Michaelo-lah yg membunuh istrinya.

    Jadi, menurut saya, motif pelaku adalah balas dendam.
    maaf ya kalo slah. ini kasus pertama saya soalnya.
    Sumimasen~

    Like

  26. Halo kakak! kasus ini keren sekali ^^
    bahkan aku sendiri nggak bisa menjawabnya dan baru bilang oh ketika ada yang jawab dan keliatannya menarik sekali~ fufufu~
    aku boleh copas nggak? Sebenernya aku mau bikin cerita misteri tapi paling gak bisa membuatnya apalagi anak ips gak bisa belajar mengenai biologi >w<
    kalau gak boleh aku gak akan memaksa kok~ =w=
    aku tunggu jawabannya~

    Like

  27. Maaf klo salah dari yg sy dapat n mungkin agak ngaco
    denis merupakan tuan rumah sehingga lebih tau jalan dari pada keempat perta lain.y.
    Detektif jo keluar 30menIt sebelum yg lain keluar berarti masih ad 15 menit untk melakukan pembunuhan.. Mungkin denis sudh meletakan beberapa paku disetiap sudut.
    Korban pertama sebenar.y michaeo danis menyuruh adik.y vaan untuk membunuh michaelo yg merupakan penganggu dalam bisnis.y..sehingga vaan mendapatkan paktu tersebut.. Namun malah vaan yg terbunuh oleh michaelo..
    Denis yg melihat vaan terbunuh mencoba melakukan blas dendam terhadap michaelo namun maichaelo melakukan perlawanan terhadap denis sehingga terdapat bekas darah di punggu kanan denis.. Denis meninggalakn korban ditempat yg. Sama dgn matinya vaan sehingga ditemukan berdekatan..nina yg mempunyi dedan terhadap denis melakukan hal yg sama namun karena nina seorng perempuan yg tdk mempunyi kekuatan untuk melawan perlawanan denis sehingga paku yg tertusuk agak bengkok kekana…dan nina sendiri yg menurilkan pesan terakir agar terhindar dari tuduhan.Denis yg melihat vaan terbunuh mencoba melakukan blas dendam terhadap michaelo namun maichaelo melakukan perlawanan terhadap denis sehingga terdapat bekas darah di punggu kanan denis.. Denis meninggalakn korban ditempat yg. Sama dgn matinya vaan sehingga ditemukan berdekatan..nina yg mempunyi dedan terhadap denis melakukan hal yg sama namun karena nina seorng perempuan yg tdk mempunyi kekuatan untuk melawan perlawanan denis sehingga paku yg tertusuk agak bengkok kekana…dan nina sendiri yg menurilkan pesan terakir agar terhindar dari tuduhan.Denis yg melihat vaan terbunuh mencoba melakukan blas dendam terhadap michaelo namun maichaelo melakukan perlawanan terhadap denis sehingga terdapat bekas darah di punggu kanan denis.. Denis meninggalakn korban ditempat yg. Sama dgn matinya vaan sehingga ditemukan berdekatan..nina yg mempunyi dedan terhadap denis melakukan hal yg sama namun karena nina seorng perempuan yg tdk mempunyi kekuatan untuk melawan perlawanan denis sehingga paku yg tertusuk agak bengkok kekana…dan nina sendiri yg menurilkan pesan terakir agar terhindar dari tuduhan.Denis yg melihat vaan terbunuh mencoba melakukan blas dendam terhadap michaelo namun maichaelo melakukan perlawanan terhadap denis sehingga terdapat bekas darah di punggu kanan denis.. Denis meninggalakn korban ditempat yg. Sama dgn matinya vaan sehingga ditemukan berdekatan..nina yg mempunyi dedan terhadap denis melakukan hal yg sama namun karena nina seorng perempuan yg tdk mempunyi kekuatan untuk melawan perlawanan denis sehingga paku yg tertusuk agak bengkok kekana…dan nina sendiri yg menurilkan pesan terakir agar terhindar dari tuduhan…

    Like

    • Another point of view. ^^
      Hmm, ada satu lubang dalam analisis anda. Tidak ada alasan bagi Danis untuk membunuh Michaelo, bahkan selama ini Michaelo telah dimanfaatkan oleh Danis karena Michaelo berhutang pada Danis.
      Ini kutipan dari ceritanya.
      “Satu informasi penting, modal yang dipakai Michaelo pada proyek yang membuat perusahaannya terkenal berasal dari Danis McHurrey. Namun ketika Michaelo membayar sejumlah uang yang dipinjamnya kepada Danis, Danis tidak menerimanya. Dia ingin uang yang pinjamannya dibayar dengan jasa pembangunan perusahaan Michaelo. Hutang Michaelo baru dihitung lunas ketika Danis menggunakan jasa pembangunannya sebanyak empat kali, padahal jika diuangkan jumlah yang dibayarkan Michaelo sampai 5 kali lipat dari hutang awalnya. Michaelo yang berdarah panas sudah pasti menyimpan dendam kepada Danis, namun bagaimanapun juga ia tidak bisa melawan milionaire Norwegia tersebut”

      Like

  28. Aku ganti nama profil, nih… dulu Syasya, sekarang Aisya. Aku kls 4 SD, loh… pada keget? Biasa…oiya, di blog-ku (linknya tuh, di atas komen ini) ada cerita detektif juga, loh. Tapi cerita anak-anak. But, dont worry , aku bikin agak susah juga, kok…

    Like

Your Opinion

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s