Teka teki Detektif (iseng)


Hari ini blogger dapet sms iseng dari temen, isinya sandi caesar.. Cukup membuat blogger bingung, tapi akhirnya ya ketemu juga artinya, dasar emang lemot nih.. -.-a

Penasaran? Ini dia isi smsnya :

v8o4p4w n4px 5huk4vlo mxj4 k4k4

Ga ada clue ya, isi smsnya cuman segini”nya..

44 comments on “Teka teki Detektif (iseng)

  1. Ini mah bhs.Alay kykny ,, tp aq blm bs jwb semuany😦 ‘napa sih suka kalo maksa kakak’ v8o4p4w–>gx tauh #eh, kalau salah tolong beritauh😉

    Like

  2. 😄 kyaaa😄. X-besar rupanya , ya,stidaknya aq analisis klo bhs.Alay terinspirasi dr sandi/kode2 gini ya (⌣̶ِ̀⌣̶́”) ,, (tp klo bhs.alay nya psti gitu kok. ЩĸЩĸЩĸЩĸЩĸЩĸЩĸЩĸ…ngakak brlanjut.. ) #4huruf- SLSKUAAASCNKAADAHKIK

    Like

  3. Untuk penjelasan teka teki ini

    V8O4P4W N4PX 5HUK4VLO MXJ4 K4K4
    Itu kode dalam sandi caesar. Kita tahu kalau sandi caesar itu sandi yang terbilang mudah karena sandi itu menggunakan metode geser pada alfabet normal. Untuk deret alfabet normal seperti ini :
    ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ
    Nah alfabet yang digunakan sandi caesar itu merupakan alfabet normal yang sudah mengalami pergeseran ke arah kanan, contoh geser 1 :
    ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ –> BCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZA
    Gampangnya gini, huruf A alfabet normal menjadi B di alfabet caesar karena alfabet digeser 1 ke kanan..
    Jadi misalnya nama kaka nih, IRFAN NURHADI menjadi JSGBO OVSIBEJ
    sampai disini penjelasan tentang sandi caesar udah ngerti? Anggap aja udah ya..

    Selanjutnya, kita lihat kode :
    V8O4P4W N4PX 5HUK4VLO MXJ4 K4K4

    Kode ini membingungkan orang yang membacanya karena ada angka yang nyelip disana, sedangkan sandi caesar hanya berupa deretan huruf. Pertamanya kk juga bingung, tapi kemudian kk menyadari sesuatu. Ini metode yang kk pake, mungkin agak ribet tapi mungkin bisa menjadi bahan pembelajaran.

    Kode itu :V8O4P4W N4PX 5HUK4VLO MXJ4 K4K4
    dikirim oleh temen kk, dia send all, jadi kemungkinan besar arti kode itu dalam bahasa indonesia (iyalah). Kode itu pasti berisi kalimat atau kumpulan kata, jadi pasti harus ada huruf vokal. Pertanyaannya yang menunjukan huruf vokal itu yang mana?

    yang kk ketahui, kata dalam bahasa indonesia banyak yang menagndung huruf A. Jadi frekuensi huruf A terkandung di kata dalam bahasa indonesia itu paling banyak dibanding huruf” yang lain.

    V8O4P4W N4PX 5HUK4VLO MXJ4 K4K4
    di kode tersebut huruf/angka mana yang jumlahnya paling banyak? Ternyata angka 4-lah yang paling banyak muncul disana. Dari situ kk ambil kesimpulan bahwa angka 4 itu merepresentasikan huruf A (dalam artian huruf A alfabet normal, bukan alfabet caesar).

    Kesimpulan pertama 4=A (alfabet normal), namun untuk bisa memecahkan keseluruhan kode, kita harus tahu arti angka 4 dalam alfabet caesar. Kemungkinan paling besar adalah angka 4 itu menunjukan huruf D, yaitu huruf ke-4 alfabet normal. Dengan itu angka-angka yang lain kita ubah ke huruf sesuai urutannya di alfabet normal.
    kode kita dapat jadi seperti ini :

    VHODPDW NDPX EHUKDVLO MXJD KDKD

    ingat kesimpulan sebelumnya 4=A (alfabet normal), berarti
    D (alfabet caesar) = A (alfabet normal)
    dengan itu kita bisa simpulkan lagi bahwa sandi caesar itu geser 3 ke arah kanan (dari alfabet normal). Untuk memecahkan kode tinggal geser 3 ke arah kiri, contohnya V digeser 3 ke arah kiri berarti S.
    Maaf jika penjelasan berbelit-belit, tapi semoga bermanfaat..😀

    Silahkan diartikan sendiri..

    Like

Your Opinion

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s