Greenwich Mean Time? Are you sure?


GMT atau Greenwich Mean Time, kalian tahu apa itu GMT?

Hayoo apa coba? Ada yang inget? Pelajaran SD nih, kalo ga salah..😛

Well, kalian pasti tahu kalo di setiap tempat di bumi ini ada yang namanya perbedaan waktu.. Contohnya yang simpel aja nih, misalnya kalian pergi jalan – jalan ke Eropa dalam rangka studi wisata ato mungkin “Honeymoon” buat mereka yang baru nikah (ehm), nah waktu di Eropa kalian tiba – tiba kangen keluarga kalian dan karena kangen, kalian mutusin buat nelepon mereka.. Tapi, pas kalian telepon, misalnya telepon enyak babeh, kalian malah di semprot abis – abisan.. Enyak kalian malah bilang “gila aja lu nelpon malem – malem gini, ayam aja belom bangun, (trek)……..”. Dan kalian pun pasti terngangah – ngangah, bingung sama omongan enyak kalian, jelas – jelas kalian nelpon tuh jam 7 pagi dari Paris.. Kalian sempet mikir “nih enyak gue kena penyakit apa? mendadak gabisa bedain malem ama pagi..”. Tapi gak lama kemudian kalian nyadar, kalo Perancis ama Indonesia itu berjauhan, jadi waktu di kedua tempat itu pasti berbeda, dan jam 7-nya Paris tuh sekitar jam 12 – jam 1 malem di indonesia..

Nah, kembali ke topik pembicaraan kita, berdasarkan cerita singkat tadi kita bisa nyimpulin kalo letak geografis suatu wilayah itu mempengaruhi perbedaan waktu antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.. Tapi gimana cara ngebagi – bagi waktu antar wilayah sedunia ini, apa ada aturannya? Jelas ada, dan kita harus berterima kasih kepada orang yang mencetuskan ide menjadikan kota Greenwich di Inggris sebagai titik acuan dalam pembagian waktu di Bumi sehingga ga ada negara yang berperang gara – gara rebutan waktu (ga penting banget sih -__- )..

Temen gue nanya : “Eh eh, kenapa harus Greenwich yang dijadiin titik acuan pembagian waktu? Kenapa ga Jakarta aja? Bandung juga gapapa.. :3”

Sebenernya gue juga gatau kenapa, tapi Guru gue pernah bilang, alasan Greenwich jadi titik acuan tuh karena Greenwich berada di titik 0 derajat garis bujur atau garis meridian..

Nah menurut teori pembagian waktu dari GMT itu rumusnya gini..

  • Setiap perbedaan 15 derajat garis bujur sama dengan perbedaan waktu 1 jam dari titik acuan (GMT)
  • Untuk tempat yang berada di timur garis meridian 
    waktu setempat = waktu di Greenwich + (posisi garis bujur/15)
  • Untuk tempat yang berada di barat garis meridian
    waktu setempat = waktu di Greenwich – (posisi garis bujur/15)

Coba sekarang di test, ada soal cerita nih :

Seorang penulis sedang kehabisan ide untuk menyelesaikan naskah novelnya. Karena bosan juga jenuh, ia menelepon temannya, seorang komikus dari benua Asia. Jika penulis itu adalah orang Inggris yang bertempat tinggal di Greenwich dan letak Astronomis tempat tinggal komikus itu berada di 75 derajat bujur timur. Jam berapakah komikus mendapat telepon jika si penulis menelepon pada jam 9 pagi waktu setempat?

Jawab :

karena tempat tinggal si komikus berada di bujur timur maka,

waktu setempat = 09.00 + (75/15) = 09.00 + 5 jam = 14.00

Nah, sekarang udah ada gambaran kan tentang pembagian waktu menurut GMT..😀

Tapi, ada sedikit unek – unek dari gue, yang itu juga adalah sebuah pertanyaan unik dari my elder brother, yang bikin gue penasaran sampe sekarang.. Pertama dia jelasin ke gue tentang GMT, bla bla bla segala macem, dan di akhir dia ngasih pertanyaan. Ringkasnya gini :

Kalau di Greenwich sekarang jam 6 pagi tanggal 10 Februari, nah jam berapakah dan tanggal berapakah di tempat yang berada pada 180 bujur barat dan 180 derajat bujur timur.. Pertama gue langsung bilang, gampang, lalu gue ambil kertas ama pulpen terus ngotret-ngotret..

Alhasil gue dapet jawaban yang ngundang pertanyaan.

  • Untuk tempat di 180 BT, hasilnya itu jam 6 sore tanggal 10 Februari
  • Dan di 180 BB, hasilnya itu jam 6 sore tanggal 9 Februari

Ada yang janggal gak kira – kira?

Kalian nyadar ga? Jika kita telaah 180 derajat ke arah timur maupun barat dari titik 0 derajat akan berakhir di satu tempat yang sama.. Gak percaya, coba aja kalian pikir, bumi itu kan bulat, 180 derajat ke timur sama aja dengan bergerak sejauh setengah lingkaran dari titik acuan. 180 derajat ke barat juga sama, bergerak sejauh setengah lingkaran dari titik acuan. Dan jika titik acuan itu sama, maka akan berakhir di tempat yang sama pula. Untuk pembuktiannya bisa kalian buktiin di globe..

Nah hal yang anehnya yaitu, 180 derajat BB dan 180 BT dari GMT kan tempat yang sama.. Kenapa di tempat yang sama, jamnya sama jam 6 sore, tapi tanggalnya berbeda? Aneh kan?😀

Haah, terus terang gue juga sampe sekarang belom bisa jelasin kenapa bisa terjadi hal kayak gini.. Thanks to you my elder brother, you suceed in making me confuse.. -__-

Sedikit sharing dari gue, semoga bisa ngebuka wawasan kalian semua.. Kalo ada hal yang unik lagi Insya Allah gue post disini.. Dan terakhir, kalo ada diantara kalian yang bisa jelasin fenomena aneh di atas tolong kasih penjelasnnya dengan ngomen di postingan ini.. ^^

That’s all for today see u in another chance.. Bye

2 comments on “Greenwich Mean Time? Are you sure?

Your Opinion

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s